/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Senin, 09 Januari 2017

Mengapa mobil lebih irit bbm dari pada motor

Dalam hati kok heran ya mobil yang ber cc standar misalnya suzuki ertiga 1400 cc konsumsi bbm kendaraan lebih irit dari pada motor bebek/sport/matic 110-1000 cc yang rata" konsumsi bbmnya 12 km/liter - 60 km/liter
Jawaban mas Imam yang bisa  adalah sbb (asumsi perbandingan motor 1000 cc vs mobil 1000 cc):
  1. Yang paling utama dan sangat berpengaruh jelas putaran mesin (RPM)
  2. Volume cc = volume udara + volume bensin untuk pembakaran
  3. Putaran mesin (RPM) antara mesin mobil dan motor berbeda, dimana mayoritas mesin mobil menggunakan long stroke, torsi di dapat di putaran rendah (misal Jazz 128 Nm di 2800 RPM). Sedangkan torsi motor rata-rata ada di atas 6000 RPM semua, apalagi sport bike, torsi dan power di dapat pada putaran tinggi.
  4. Long stroke mengakibatkan putaran mesin tidak perlu tinggi untuk dapat membuat mobil bergerak/ meluncur di kecepatan sedang – tinggi.
  5. Superbike/ Sportbike pun bisa seirit mobil yang memiliki kapasitas mesin yang sama/ lebih besar asalkan gaya berkendaranya mengikuti putaran mesin mobil. Misal pada kecepatan 60-80 km/ jam, mobil dapat melaju dengan RPM hanya 2000-3500 RPM. Nah sportbike pun bisa asal mau menjaga ritme RPM-nya dikisaran yang sama. Kebayang sport bike di RPM segitu lari berapa ya? ðŸ˜€
  6. Yang paling signifikan membuat motor lebih boros adalah karena tingginya (putaran) RPM pada mesin motor sebagaimana halnya mobil bertransmisi AT vs MT, lebih banyak mobil matik yang lebih boros dari MT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar