/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Minggu, 16 November 2014

Tips Cara Mengendalikan Dan Menahan Amarah

Tips Cara Mengendalikan Dan Menahan Amarah
1. Berwudlu dan sholat
Berwudhu akan mengurangi panasnya "bara" amarah di dalam hati. Dan, sholat akan membuat pernafasan agan menjadi lebih pelan dan lebih rileks. Ini sebuah cara ampuh untuk menurunkan tekanan psikologis maupun stress.

2. Ekspresikan kemarahan agan dengan benar
Setelah agan tenang dan berpikir jernih, ekspresikan kemarahan dengan cara yang asertif. Mengekspresikan frustrasi agan dengan berteriak. Nyatakan kebutuhan dan kekhawatiran agan secara jelas dan langsung tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri.

3. Latih tubuh agan
Jika masih sulit bagi agan untuk menenangkan diri dengan menjadi diam, mencoba berolahraga sebagai saluran untuk kemarahan agan. Sembuhkan kemarahan agan dengan berjalan-jalan.

4. Bersikaplah dewasa
Umumnya mereka yang dewasa secara akal, pikiran, dan lebih matang memiliki pengendalian diri yang baik. sebab dengan menahan diri untuk tidak marah agan merupakan seorang pria yang jantan karena bisa mengendalian amarah dan hawa nafsu yang bergejolak.

5. Pergi kekamar mandi kemudian cuci muka
Air dapat membersihakan kotoran dan mengalirkan segala sesutu. Jika agan sedang dalam keadaan marah sebaiknya lekaslah mengambil air.

6. Seringlah tertawa
Amarah dan humor memang tidak sama dan tak mungkin dalam satu waktu. Sehingga jika agan mau tertawa, dan tak ada salahnya agan menertawakan diri sendiri pada saat suasana mulai tidak mengenakkan hati maka amarah yang siap keluar bakal mereda.

7. Tingkatkan empati
Lihatlah situasinya menurut sudut pandang orang lain. Ini akan membuat agan menemukan kecakapan baru, bahwa agan bisa merasakan apa yang mereka rasakan. Maka, orang lain akan lebih menghargai agan.

8. Memaafkan
Betapa pun agan pernah luka di "hati" yang dalam membekas, cobalah untuk memaafkan...meskipun menurut agan hal itu tidak mungkin untuk dimaafkan. Cobalah melepaskan amarah dengan memaafkannya. Percayalah, agan akan merasakan "pelepasan beban" yang membuat hidup jauh lebih ringan untuk dijalani.

9. Toleransi
Belajar menerima orang lain seperti apa adanya, bukan ingin menjadikan mereka sesuai kehendak agan. Dengan sikap toleran ini, maka pada saat agan berbicara, itu akan lebih didengarkan oleh orang lain.

10. Istirahat
Ketika Agan merasa marah, istirahat. Beri diri agan waktu untuk meredakan kemarahan agan. Pelan sedikit. Menjauh dari situasi atau orang yang yang membuat agan marah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar