/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Senin, 09 Maret 2015

Bagaimana cara naik Pesawat terbang/motor mabur


Pesawat Terbang


Bagi beberapa orang pasti ada yang belum pernah berpergian menggunakan Pesawat, dan pasti ada beberapa orang yang bingung dan bertanya-tanya "naik pesawat itu caranya bagaimana ya".

Sebelum lebih jauh membahas tentang naik pesawat, alangkah baiknya kita membahas apa itu pesawat.
Pesawat adalah sarana alat transportasi lewat udara, dan menurut KBBI Pesawat adalah "alat perkakas; mesin". jadi kalau agan2 mau menggunakan (memakai) pesawat sebutnya "berpesawat" bukan "naik pesawat". kalau ane lebih nyaman sih ngomong nya naik pesawat karena udah umum dimasyarakat

Namun lain lagi menurut Wikipedia, Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter
.


sumber  (kbbi.web.id)
sumber  (id.wikipedia.org)


Quote:PERSIAPAN



Hal pertama yang harus agan lakukan jika agan ingin berpergian adalah persiapan .
agan harus mempersiapkan berbagai persiapan untuk berpergian, seperti baju, koper, atau makanan dll.
jika agan membawa barang-barang yang banyak, agan harus memastikan bagasi/barang bawaan agan beratnya tidak melebihi ketentuan bagasi maskapai yang agan pakai jasanya, karena jika agan membawa melebihi bagasi yang ditentukan maskapainya bakalan dikenai charge/biaya lebih perkilonya.

Dan agan tidak boleh sembarangan membawa barang-barang bawaan kedalam pesawat, dan hal-hal yang dilarang dibawa kedalam pesawat adalah :

1.Nalgene / Botol Kecil
Jika Ada membawa parfum, bawalah parfum yang berukuran 50ml/75ml/100ml jika ukuran ml parfum lebih dari 100 maka akan disita.

2. Benda Tajam
jangan membeli oleh-oleh/souvenir yang dilarang oleh maskapai penerbangan seperti pedang, samurai , pisau, anak panah, meski suvenir tersebut hanya barang imitasi yang bentuknya menyerupai aslinya. Namun, untuk beberapa jenis senjata yang digunakan untuk keperluan olahraga, boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu.

3.Botol Minum
Jangan membawa botol minuman dalam kemasan maupun dalam termos kecil kecuali Anda membawa bayi. Itupun jumlah yang Agan bawa akan dibatasi yaitu 1 botol kecil air dingin dan 1 termos kecil air panas (ukuran +/- 300ml). Jika Agan ingin berhemat membeli air minum selama perjalanan Anda bisa mengakali dengan membawa botol kosong pada saat berpergian dan bisa Agan isi pada saat sudah mendarat di Negara/Kota tertentu.

4.Obat – obatan
Jika Agan berpergian ke luar negeri dan Agan harus membawa obat dalam jumlah banyak, maka Agan harus meminta resep dokter atau surat dari dokter yang menyatakan bahwa obat – obatan yang Agan bawa perlu dikonsumsi ketika dalam perjalanan.


5.Makanan dan Minuman Instan
Ada beberapa negara yang melarang para pendatang membawa berbagai jenis makanan dan minuman dari luar saat memasuki negara tersebut.

6.Alat tumpul yang dapat menyebabkan potensi cedera
Agan tidak boleh membawa benda-benda ini untuk dimasukkan ke kabin pesawat: pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard dan berbagai perlengkapan bela diri. Benda-benda ini wajib untuk disimpan di bagasi check in.

7.Bahan peledak dan zat mudah terbakar, zat kimia dan beracun
seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif

8.Produk yang berasal dari hewan
Contohnya seperti susu segar, daging segar, dan produk dari susu semisal keju. Hal ini dikarenakan produk-produk ini dapat mengandung bakteri pathogen yang dapat menginfeksi. kecuali kalau ASI yah gan... kan gak bisa ditinggal

9.Makanan yang berbau tajam
semisalnya Buah durian, atau Rendang yang minyak nya sampai tumpeh-tumpeh
soalnya adek ane pernah beli durian, mau dibawa ke pulau jawa... karena buah durian itu gak boleh dibawa akhirnya sebagian di sita, sebagian dimakan di luar bandara


sumber  (klikhotel.com)
sumber  (www.facebook.com)



Quote:TIKET PESAWAT

yapthomas.com


Kalau agan mau naik pesawat tentulah agan harus mempunyai tiket terdahulu, nah... kebetulan kemarin Pemerintah meniadakan pembelian tiket lewat loket di Bandara. Kemudian ada yang tanya, "cara beli Tiketnya bijimane gan?"

Jadi sekarang agan harus beli tiketnya lewat agen travel atau Online.

1.Agen Travel
Kalau agan tidak mempunyai kartu ATM, atau tidak punya Internet Banking di Bank manapun, dangak mau ribet beli di agen travel adalah pilihan yang pas untuk agan.
kalau masalah harga tergantung waktu pembelian, waktu dan jam keberangkatan maupun faktor lain-lain. Jadi agan bisa cek lewat Online dahulu baru kemudian tanya-tanya ke agen travel/agen penjualan tiket pesawat didaerah agan.(kalau ane biasanya kalau cari tiket murah cari waktu keberangkatannya malam kemudian di beli/booking jauh-jauh hari kira2 1 minggu sebelum berangkat)

2.Online
Beli tiket secara online bisa agan beli langsung ke situs maskapai bersangkutan atau lewat situs penjualan tiket online semacam travelokan.com.
Kalau agan beli Tiket lewat online, agan tidak akan diberikan tiket fisik, namun beberapa catatan seperti kode booking, tanggal dan jam keberangkatan, nama penumpang dll. Namun yang penting sebenarnya adalah kode booking. karena tanggal, jam keberangkatan maupun nama agan sudah tertera di sistem.

Q: Gan, cara booking tiketnya gimana?
A: Caranya agan cari dulu maskapainya di google, misalkan garuda Indonesia. Lalu masuk ke situsnya dan cari berdasarkan tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, lalu klik cari/search. (belinya/booking nya jauh-jauh hari sebelum berangkat gan, biar harganya juga lebih murah).
setelah loading beberapa saat nanti bakalan ada harga dan jam keberangkatan yang tertera... jadi agan tinggal pilih.
kalau udah klik booking/pesan, nanti agan harus mengisi nama, tanggal lahir, nomer telepon, E-Mail dll. (Nama dan data-data yang di isi WAJIB Valid dan benar sesuai KTP yang berangkat/penumpang).

Lalu agan catat kode bookingnya, dan kode pembayarannya(jika diperlukan) lalu agan bayar deh lewat Internet banking atau ATM yang sudah ditentukan oleh maskapai yang agan pakai.


Quote:KEBERANGKATAN



Kalau agan sudah booking, dan beli tiketnya.... saatnya berangkat...

kalau di Cengkareng/bandara Soekarno-Hatta ada beberapa Terminal yang dibagi untuk beberapa maskapai penerbangan.
Terminal 1 dibagi menjadi 3: 1A, 1B, dan 1C digunakan (kebanyakan) untuk penerbangan domestik oleh maskapai lokal.
Terminal 1A untuk : Lion Air dan Wings Air.
Terminal 1B untuk : Kartika Airlines dan Sriwijaya Air
Terminal 1C untuk : Airfast Indonesia dan Citilink.

Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional maskapai asing.
Terminal 2 Internasional:
Lion Air (Singapore)
China Airlines
Singapore Airlines
Eva Air
Cathay Pasific
Jetstar / Value Air
Garuda Indonesia

Terminal 2F untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.
Terminal 2 Domestik:
Garuda Indonesia
AirAsia
Mandala Tiger

Terminal 3 yaitu untuk Indonesia AirAsia dan Mandala Airlines.

Khusus untuk CKG/bandara soekarno-hatta jikalau agan nyasar/salah turun dari bus, travel, agan bisa kok naik bus shuttle yang datang biasanya 5-10 menit sekali... biasanya warna busnya kuning... dan itu gratis...tis.. jadi agan gak perlu lagi capek2 jalan jauh ke terminal yang agan tuju.

Spoiler for contoh bus shuttle:


Q: Gan, kalau udah sampai dibandara, nanti naik nya dimana? kan bandara luas...
A: kalau agan sudah sampai dibandara, agan lihat saja pesawat yang lagi ngetem dibandara... lalu tanya supirnya atau kernetnya... "bang, pesawat ini ke medan gak?"
bercanda gan... bercanda...

Kalau agan sudah sampai bandara, agan harus cek-in terlebih dahulu, cek-in biasanya harus 1 jam sebelum keberangkatan. Kalau agan berangkat jam 11 pagi, cek-in nya harus jam 10 pagi. makanya agan datangnya jangan kurang dari 60 menit sebelum berangkat.
malah lebih bagus lebih dari 60 menit... biar bisa cuci mata
sebelum cek-in, agan dan barang-barang bawaan harus melewati logam detektor maupun sinar X-ray, handphone, kunci dan benda2 logam lainnya taruh di tempat yang disediakan.

lalu menuju ke meja Cek-in yang telah disediakan, letakan disamping meja barang2 agan yang mau di simpan dibagasi. dan pegang barang2 yang mau agan bawa ke dalam pesawat.

Nanti agan akan diberikan sebuah kertas, tertulis nomer tempat duduk, nomer bagasi, dan agan harus tunggu di gate berapa.
setelah dari meja cek-in, langsung menuju ke ruang tunggu d gate yang udah ditentukan...
Tapi...sebelum itu agan harus melewati portal/penjaga yang bertugas untuk membayar airport tax (sekarang citilink, garuda ada yang gak bayar...jadi tinggal lanjut aja) kalau bandara Internasional lebih mahal daripada yang bukan.

kalau udah sampai di ruang tunggu/gate, tunggu deh sampai pesawat datang dan ada pengumuman para penumpang agar naik.

kalau udah ada pengumuman, agan bakalan antri ke gate/pintu yang mana akan ditunjukan oleh para mbak2 dan mas2 yang udah disiapkan di depan pintu sambil melihat kertas yang diberikan di meja cek-in tadi.


Q: Gan, kalau ane mau bawa hewan peliharaan kesayangan ane gimana gan?
A: Bisa gan, tapi bawanya jangan yang aneh2 yah gan... dan juga gak boleh bawa hewan langka yang dilindungi oleh negara dan Undang-undang.
Tapi agan harus menvaksin hewan tersebut dan harus memiliki izin dan beberapa dokumen seperti surat seperti:
1. Surat Keterangan dari Dokter Hewan yang menyatakan kesehatannya baik dan tidak mempunyai penyakit menular.
2. Surat ijin pengangkutan dari kantor Karantina setempat.
3. Surat pembebasan tanggung jawab (pada saat penerimaan di bandara).
Dan Disarankan, lakukan pengurusan surat-surat tersebut minimal 1 (satu) hari sebelum keberangkatan.
tapi ada juga beberapa maskapai yang melarang/tidak mempererkenakan membawa hewan peliharaan dalam cargo.


Q: Gan, barang-barang saya yang dibagasi gimana? gak bakalan hilang kan?
A: gak gan... kalau agan packingnya benar2 baik... kalau lebih bagus agan packing pakai koper, kalau gak punya pakai kardus juga boleh. tapi alangkah baiknya kalau di wrapping/dibungkus pakai plastik yang udah disediakan dibandara. dan itu bayar
dan juga jangan pernah meletakkan barang-barang berharga seperti perhiasan, handphone dll. karena banyak pencuri di bagian bagasi gan...


sumber  (www.kaskus.co.id)
sumber  (id.wikipedia.org)
sumber  (bandaraonline.com)


Quote:DI DALAM PESAWAT


kalau agan udah didalam pesawat, jangan lupa untuk memasang seat belt/sabuk pengaman dan juga mematikan handphone/alat elektronik lainnya yang menggunakan frekuensi radio gan... seperti mobil2 remot control, atau radio genggam. karena akan mengganggu frekuensi pilot dalam komunikasi dengan tower pemandu lalu lintas udara/ATC.

Dan juga perhatikan pramugari/pramugara yang melakukan simulasi/peraga keselamatan sebelum take off, karena penting!
apalagi yang duduk disamping pintu darurat. kursi dekat pintu darurat biasanya yang bisa duduk disitu laki2, badan tegap, karena jika ada keadaan darurat si cowo tersebut bisa dengan sigap membuka pintu darurat. (tapi jangan bukanya ketika masih diudara ya... bisa2 malah cilaka semua
Namun kalau cewe atau anak2 gak bakalan dapet deh... soalnya kursi dibagian ini sering banget diperebutkan cowo2 yang naik pesawat yang tempat duduknya sempit....soalnya kursi di samping pintu darurat agak lega...jadi bisa selojorin kaki
jadi kalau agan sendirian naik pesawat trus dikira2 badan agan tegap dan kuat bukan letoy atau lemah syahwat #nahloh...
agan bisa bilang ke mbak2 yang sewaktu cek-in tadi... "saya di kursi samping pintu ya mbak" sambil kerlipkan mata genit agan
siapa tahu nanti agan duduknya dipangku sama pramugarinya
tapi kalau yang jaga laki2 jangan gan... bisa2 agan nanti di tempatin di mesin lagi kecuali si mas2 nya maho

Dibeberapa pesawat ada hiburan berupa monitor LCD yang disematkan di jok kursi depan agan. agan bisa menonton film yang udah disediakan, just4laught, ada film korea, ada film barat, ada film indonesia, juga ada game, ada juga iklan maskapai nya juga tentu
tapi agan mainnya ketika pesawat udah take off/terbang. karena alat tersebut akan otomatis bisa diakses ketika pesawat udah take off.

jadi jangan malu2in, pesawat belom take off, udah main pencet2 aja monitor nya. nanti kelihatan banget ente katrok nya (kenangan ane dulu)
Dan di bawahnya biasanya disediakan headset, headsetnya jangan dibawa... nanti dikira maling lagi

Q: Dipesawat boleh ngerokok gak gan?
A: Bisa dan boleh gan asal jendela pesawatnya agan buka dulu...
hehehe... bercanda gan... gak boleh gan... dilarang keras banget malah...


Q: Gan, dipesawat dapat makan gak?
A: Dibeberapa maskapai ada yang mendapatkan makanan, biasanya yang jadwal terbangnya 2 atau lebih.
ada yang cuma kasih air putih sama roti, ada yang kasih airp utih plus snack ada yang kasih nasi es teh , jus dll.
(kalau ane dulu naik garuda terbang 2 jam lebih, dapet makanan seperti nasi goreng, opor ayam dll minumannya juga bebas mau minta apa saja, mau minta berapa kalipun dikasih gan... tapi yah...dengan syarat tebal muka




Quote:LANDING


Kalau pesawat udah sampai di bandara tujuan agan, jangan dulu buru2 lepas seat belt dan berdiri... pastikan pintu depan atau belakang sudah terbuka dan udah di intruksi oleh pramugari untuk keluar dari pesawat.

kalau udah turun dari pesawat nanti agan tinggal ikutin aja orang2 yang didepan agan...
tapi jangan mentang2 ikut-ikutan orang2 yang didepan agan sampai-sampai agan gak sadar sudah sampai ke toilet wanita
biasanya orang2 akan menuju ke tempat pengambilan barang/bagasi atau bahasa kerennya conveyor.

Spoiler for contoh conveyor:


nanti tinggal tunggu deh, tas, atau koper, atau kardus barang bawaan agan.. lalu ambil dan tinggal keluar deh... tapi sebelum keluar biasanya ada petugas yang menanyakan tiket/kertas bagasi agan yang dikasih sewaktu cek-in tadi.

dan bagi yang membawa hewan peliharaan, agan tinggal ambil di bagian karantina dengan membawa surat2 dan dokumen yang sebelumnya udah agan siapkan.



Sekian dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar