/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:hover {border: 1px solid #333}

Senin, 06 April 2015

10 Pasang Hewan yang Membuat Bingung

Nggak hanya manusia yang punya kembaran sampai dibuatin acara aspal, asli atau palsu nih, gan..

Ternyata dunia hewan juga punya kemiripan-kemiripan antara satu dengan lainnya yang bisa bikin bingung.

Hewan apa saja yang masuk 10 pasang hewan yang membingungkan, yuk langsung kita cek bareng-bareng!


Quote:10. Gajah Afrika vs Gajah Asia



Gajah Afrika sedikit lebih besar dan sedikit lebih berat dari sepupu mereka di Asia. Tapi ukuran tidak akan benar-benar membantu agan untuk membedakan keduanya kecuali mereka disandingin. Untuk mengidentifikasi gajah-gajah ini, ada dua fitur utama yang harus dicari: Pertama, gajah Asia akan memiliki dua benjulan di atas kepalanya sementara gajah Afrika hanya akan memiliki satu. Kedua, belalai gajah Afrika memiliki dua jari di ujungnya, sedangkan gajah Asia hanya memiliki satu.


Quote:9. Buaya vs Aligator



Meskipun buaya dan aligator ada yang ditemukan di wilayah yang sama, tetapi mereka berbeda ordo (family) dan hidup berjauhan. Sebagai contoh di Amerika tepatnya di Florida, buaya ditemukan di dekat laut yang sebagian airnya asin (payau), sedangkan aligator di temukan di dekat daratan yg berair tawar.

Buaya memiliki moncong panjang, menyempit, pipih dan seperti membentuk huruf "V". Sementara aligator memiliki moncong yang pendek, lebar, dan seperti membentuk huruf "U".

Aligator memiliki warna tubuh gelap dan nampak kehitaman. Sementara buaya lebih terang, tampilannya cenderung kehijauan atau kecoklatan.


Quote:8. Kura-kura air tawar dan Penyu vs Kura-kura darat



Yang satu ini cukup mudah diingat setelah agan tahu perbedaannya. Kura-kura air menghabiskan hampir seluruh hidupnya di dalam air, dan karena itu memiliki sirip bukan tunggul. Penyu hidup hampir secara eksklusif di dalam air, hanya kadang-kadang menjelajah ke pasir untuk bertelur. Kura-kura air tawar kadang-kadang naik ke batu dekat sungai atau kolam mereka untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Kura-kura darat tidak bisa berenang sama sekali. Mereka memiliki kaki pendek, tinggal di tempat yang panas dan kering, dan menggali liang. Kura-kura darat tidak bisa kimpoi dengan kura-kura air tawar.


Quote:7. Cheetah vs Macan Tutul



Ada banyak perbedaan antara cheetah dan macan tutul baik dalam perilaku maupun penampakan fisik mereka. Perbedaan fisik yang paling mudah dikenali yaitu cheetah memiliki corak bintik-bintik bulat hitam solid, sedangkan macan tutul memiliki pola hitam berbentuk seperti cincin rusak.

Cheetah (hewan darat tercepat di planet ini) dua kali lebih cepat dari macan tutul dan mereka berburu di siang hari. Macan tutul lebih suka berburu di malam hari, dan biasanya menyeret mangsanya ke puncak pohon.

Macan tutul tidak senang hidup berkelompok, sedangkan cheetah jantan kadang-kadang membentuk kelompok dua atau tiga ekor. Tidak diketahui apakah kedua hewan ini bisa kimpoi silang atau tidak.


Quote:6. Katak vs Kodok



Ada lebih dari empat ratus spesies katak, dan tiga ratus jenis kodok, sehingga cukup sulit untuk membedakan keduanya. Namun, umumnya katak lebih kecil dari kodok, dengan mata yang menonjol, kaki yang kuat untuk melompat, dan berselaput untuk berenang. Sedangkan kaki kodok didesain untuk berjalan. Katak memiliki kulit mulus, licin; kodok memiliki kulit kering tertutup kutil. Beberapa jenis kodok dan katak dapat kimpoi satu dengan lainnya.


Quote:5. Alpaca vs Llama



Llama berukuran dua kali lebih besar dari ukuran Alpaca, dan ini menyebabkan Alpaca terlihat seperti Llama muda. Meskipun ukuran Llama lebih besar, tetapi Llama tidak menghasilkan bulu sebanyak Alpaca.

Llama digunakan sebagai alat transportasi sedangkan bulu Alpaca dimanfaatkan untuk membuat kain wool. Bulu Llama tidak digunakan karena lebih kasar. Kedua binatang ini sering digembalakan dalam satu tempat dengan menjadikan Llama sebagai penjaga Alpaca.


Quote:4. Anjing Laut vs Singa Laut



Perbedaan utama antara anjing laut dan singa laut terletak pada sirip mereka. Anjing laut memiliki sirip yang lebih cocok untuk berenang dalam air, sementara singa laut telah beradaptasi dengan kehidupan di darat. Anjing laut bisa menyelam jauh lebih dalam dari singa laut, tetapi ketika mereka mencapai daratan, mereka tidak dapat berdiri tegak, dan harus meliuk seperti ulat. Singa laut dapat berjalan dan berlari menggunakan sirip mereka. Kedua hewan tidak bisa kimpoi silang.


Quote:3. Lumba-lumba vs Pesut



Keduanya sangat sulit dibedakan jika tidak memeriksa gigi mereka. Lumba-lumba memiliki gigi berbentuk kerucut, sementara pesut memiliki gigi berbentuk sekop. Selain itu, pada umumnya, pesut lebih kecil dibanding lumba-lumba, dan memiliki bagian perut yang lebih bundar dibanding lumba-lumba. Meski berbeda, pesut dan lumba-lumba sering kali berenang bersama dan sangat suka bermain.


Quote:2. Salamander vs Kadal



Perbedaan terbesar yang pernah diamati antara salamander dan kadal adalah kulit mereka. Kadal memiliki sisik, sedangkan salamander memiliki kulit mulus dan tampak licin. Hal ini karena mereka adalah amfibi, dan menghabiskan banyak waktu di air tidak seperti kadal yang hidup di darat. Kadal juga memiliki telinga eksternal.

Baik kadal maupun salamander sama-sama bertelur, tetapi telur kadal memiliki cangkang keras, dan anak kadal terlihat seperti kadal dewasa dalam ukuran kecil, sedangkan salamander muda menyerupai berudu.


Quote:1. Keledai vs Bagal



Dalam hal penampilan fisik, keledai dan bagal cukup mirip. Bagal memiliki ukuran telinga yang lebih kecil seperti kuda, dan ekor bagalpun mirip ekor kuda (rambut panjang yang berasal dari tunggul kecil), sementara keledai memiliki ekor yang lebih mirip dengan ekor sapi (otot panjang yang berkesinambungan, dengan seberkas kecil rambut pada ujungnya).

Namun perbedaan utama antara keledai dan bagal adalah bahwa bagal merupakan hewan mandul dan mereka lahir dari hasil pembiakan keledai jantan dengan kuda betina. Mereka lebih kuat, lebih tenang dan lebih mampu bekerja daripada keledai, dan bahkan mereka memiliki ekstra kromosom.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar